Home » Voice Film & TV » Film TV News » ‘Bohemian Rhapsody’, Kisah Queen Yang Tak Sekadar Berputar di ‘Si Mancung’

‘Bohemian Rhapsody’, Kisah Queen Yang Tak Sekadar Berputar di ‘Si Mancung’

JAKARTA, VoiceMagz.com – Film yang menceritakan perjalanan karir grup band legendaris, Queen ini memang baru akan tayang pada November 2018 mendatang. Namun, beberapa waktu lalu, 20th Century Fox yang mendistribusikan film ini, telah menggelar penayangan cuplikan film ‘Bohemian Rhapsody’ secara terbatas di Jakarta.

Film ‘Bohemian Rhapsody’ dibuka dengan sayup-sayup musik ‘Somebody To Love’ dan satu sosok pria yang berjalan di antara kucing-kucing peliharaannya. Dengan gerak lambat, ia kemudian berjalan menuju panggung. Sorak puluhan ribu orang di Wembley Stadium membahana menyambut sang legenda: Queen dan frontman-nya, Freddie Mercury (Rami Malek).

Adegan selanjutnya langsung dilempar ke beberapa tahun sebelumnya. Tepatnya saat Brian May (Gwilym Lee) dan John Deacon (Joseph Mazzello) mencari vokalis baru untuk bandnya.

Sempat mengejek gigi Freddie Mercury yang sedikit ‘mancung’, mereka akhirnya terpesona dengan suara pria yang punya kepercayaan diri tinggi ini.

Adegan lain yang ditampilkan dalam cuplikan film ini adalah saat pembuatan lagu-lagu legendaris Queen. Salah satunya, adalah lagu ‘We Will Rock You’. Dalam cuplikan film ini, terlihat bahwa Bohemian Rhapsody sepertinya tidak hanya akan menyoroti Freddie Mercury semata. Para personel Queen lainnya juga mendapat tempat terhormat dalam film ini.

Berbicara momen dalam kehidupan Freddie Mercury, tak akan pernah lengkap tanpa membahas dua hal. Yang pertama, adalah kisah cintanya yang kompleks dengan mantan tunangan dan sahabatnya, Mary Austin (Lucy Boynton).

Yang kedua, adalah vonis HIV/AIDS yang dideritanya. Dua elemen kunci dalam kehidupan Freddie Mercury ini ditampilkan dengan penuh emosi, namun tak berlebihan oleh Rami Malek.

Dari trailer film ‘Bohemian Rhapsody’ ini terlihat lima fakta menarik. Berikut lima fakta menarik itu:

1. Trailer panjang

Screen Rant melaporkan, trailer film ‘Bohemian Rhapsody’ ini memiliki durasi 2 menit 30 detik. Trailer yang panjang itu akan menampilkan tokoh utama Freddie Mercury sebagai sentral cerita. Vokalis kelahiran Stone Town, Tanzania, 5 September 1946 itu memang menjadi inti cerita dari film.

Dalam trailer, ditunjukkan bagaimana Freddie mulai membentuk kelompok musik hingga akhir hayatnya berjuang melawan penyakit menular mematikan AIDS yang dideritanya.

2. Konser musik terbesar di dunia sepanjang masa

‘Bohemian Rhapsody’ memetakan perjalanan band Queen mulai dari formasi awal mereka yang dibentuk di London sekitar tahun 1970, hingga konser paling terkenal yaitu Live Aid Concert 1985. Bahkan, konser itu menjadi pusat cerita dari film. Pasalnya, Freddie diketahui terjangkit AIDS saat melakoni konser itu. Live Aid Concert 1985 sendiri adalah konser musik yang bertujuan menggalang dana sosial bagi bencana kelaparan di Ethiopia.

Queen Live Aid Concert yang digelar di Wembley Stadium London, tepatnya pada tanggal 13 Juli 1985 itu sendiri tercatat dalam sejarah sebagai konser siaran langsung televisi terbesar di dunia sepanjang masa. Betapa tidak, terdapat 1,9 miliar pemirsa yang menonton aksi konser itu.

Di Wembley Stadium tercatat sedikitnya ada 72 ribu orang yang hadir. Sementara di JFK Stadium Philadelphia, Amerika Serikat, sebanyak 90 ribu orang dilaporkan datang memadati stadion.

3. Kandidat kuat penerima Piala Oscar

Dengan membuat film ‘Bohemian Rhapsody’ tayang di bioskop, 20th Century Fox telah menempatkan sang aktor Rami Malek sebagai kandidat kuat penerima Piala Oscar di ajang Academy Awards. Pasalnya, sederet bintang Hollywood diketahui menyabet Oscar setelah memerankan tokoh seniman, khususnya musisi.

Tengok saja ada nama Jamie Foxx yang memerankan musisi soul Ray Charles di film Ray (2004). Kemudian ada Reese Witherspoon yang memerankan penyanyi June Carter di film Walk the Line (2005). Selain mereka, masih ada banyak lagi lainnya.

4. Tajuk film diambil dari judul lagu

Judul film ini sejatinya adalah salah satu tembang paling populer karya Queen. Lagu itu ditulis oleh Freddie Mercury dan termasuk dalam album A Night at the Opera yang dirilis tahun 1975.

Selain ‘We Will Rock You’ (1977), lagu ‘Bohemian Rhapsody’ pun menerima sederet penghargaan di bidang musik dari berbagai ajang, di antaranya BRIT Award (1977), MTV Video Music Award (1992) dan Grammy Hall of Fame (2004).

5. Sang sutradara dipecat di akhir produksi

Bryan Singer sejatinya sutradara hebat yang terkenal dengan sederet film superhero ‘X-Men’ dan ‘The Usual Suspects’ (1995) yang fenomenal. Walau demikian, pada akhir proses produksi film ‘Bohemian Rhapsody’ sekitar bulan Desember 2017, dia dipecat oleh 20th Century Fox. Kursi sutradara pun beralih ke Dexter Fletcher.

Bryan Singer dipecat lantaran tidak hadir dalam lokasi syuting di London. Pihak 20th Century Fox menyebut tindakan Singer sebagai tindakan tidak profesional alias tanpa izin. Singer pun membela diri dengan menyebut justru rumah produksilah yang tidak memberinya izin untuk absen karena sedang sakit parah.

“Saya tidak menginginkan apa pun selain dapat menyelesaikan proyek ini dan membantu menghormati warisan Freddie Mercury dan Queen. Tetapi Fox tidak mengizinkan saya melakukannya karena saya perlu untuk sementara mengutamakan kesehatan saya, dan kesehatan orang yang saya cintai, terlebih dahulu,” kata Singer.

Kira-kira apakah film ini akan sebaik cuplikannya? Kita tunggu saja tanggal mainnya. (NVR)

Check Also

Nominasi FFI 2018 Diumumkan, Empat Film Bersaing Jadi Yang Terbaik

JAKARTA, VoiceMagz.com – Festival Film Indonesia (FFI) 2018 mengumumkan daftar-daftar nominasinya, Jumat (9/11) malam. Ada …