Bukan Dari Kembalian, BAZNAS Sasar ZIS Lewat Alfamart

by -386 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Kemudahan berzakat, infak dan sedekah kembali dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Kali ini, bekerja sama dengan perusahaan layanan pembayaran elektronis, PT Artajasa, masyarakat dibantu kemudahan berzakat melalui 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo mengatakan, kerja sama ini memudahkan masyarakat yang ingin menunaikan zakat, infak, sedekah (ZIS) hingga kurban dengan memanfaatkan layanan pembayaran di Alfamart sambil berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kmudahan berzakat, hingga sedekat mungkin menyentuh gaya hidup masyarakat. Salah satunya melalui kerjasama dengan Alfamart dan Artajasa hari ini,” kata Bambang di acara peluncuran kerja sama diselenggarakan di Alfamart Jl Sutan Syahrir, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (12/7).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis Anthoni Morris dan Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman.

Ia menambahkan, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong meningkatnya pengumpulan zakat dari para muzaki di Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak mustahik melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS.

Pembayaran zakat, infak, sedekah dan kurban melalui Alfamart dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Para pelanggan hanya perlu mendatangi kasir dan membayar seperti bertransaksi saat belanja. Petugas kasir akan memasukkan transaksi tersebut ke dalam sistem dan mencetak bukti pembayaran, kemudian menyerahkannya kepada pelanggan.

Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Anthoni Morris mengatakan, Artajasa sebagai penyedia layanan sistem pembayaran nasional selalu mendukung diimplementasikannya sistem pembayaran yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Berkat kerjasama yang baik antara Artajasa, BAZNAS dan Alfamart, kemudahan untuk melakukan pembayaran zakat, infak, sedekah ataupun pembelian kurban dapat terwujud dengan baik.

“Pengembangan layanan pembayaran secara elektronis di satu sisi memberikan efisiensi dalam hal penyediaan sarana pembayaran, di sisi lain juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan amalan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Dengan diimplementasikannya kerjasama ini, Artajasa berharap potensi penggalangan zakat, infak, atau sedekah dari masyarakat yang sangat besar dapat dilakukan dengan optimal,” ujarnya.

Corporate Communication General Manager Alfamart Nur Rachman menjelaskan, dengan adanya layanan elektronik ini, yang didukung oleh 13.000 lebih gerai Alfamart yang tersebar di Indonesia, dapat memudahkan dan semakin banyak menjangkau masyarakat yang ingin memberikan zakat, infak, sedekah atau kurbannya.

“Kini untuk memberikan amal, dan sebagainya bisa dilakukan dengan cepat dan praktis di gerai-gerai Alfamart, membuktikan untuk berzakat atau lainnya bisa dilakukan di mana saja dan praktis, selain itu lebih cepat. Ini salah satu tanda bahwa perkembangan teknologi juga memberi manfaat kita untuk mendapatkan ridha Allah SWT,” jelasnya.

Ditambahkan Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, pihaknya tidak menyasar pemgumpulan zakat, infak dan sedekah dari uang kembalian yang biasa dikumpulkan oleh gerai – gerai seperti Alfamart ini.

“Kita menyasar masyarakat yang memang berniat berdonasi, bukan dari uang kembalian. Jadi masyarakat memang sudah diniatkan untuk berdonasi sejak awal,” ucap Arifin. (NVR)