Home » Voice Art & Culture » Perlawanan dari Kursi Roda Ini Sabet Juara Bayeux Calvados

Perlawanan dari Kursi Roda Ini Sabet Juara Bayeux Calvados

Shabir al-Asyqar (foto: Aljazeera)

JAKARTA, VoiceMagz.com – Meluasnya konflik di jalur Gaza dan sejumlah wilayah Palestina tak hanya melibatkan para aktivis dan pejuang yang masih mampu berdiri tegap, sehat dan bugar saja.

Seperti yang dapat dilihat pada foto yang beredar di dunia maya beberapa hari ini. Adalah Shabir al-Asyqar, seorang penyandang difabel juga menunjukkan kegigihannya melawan kezaliman zionis Israel di tanah Palestina.

Pemuda 29 tahun ini tak terlihat gentar meski kondisi fisiknya tak sempurna. Dengan duduk di atas kursi rodanya, dia melemparkan batu menggunakan pelempar batu sederhana buatannya ke arah barisan tentara Zionis Israel.

Tak pelak lagi, foto yang diambil pada 11 Mei 2018 di Jalur Gaza ini pun menyabet peringkat pertama kompetisi foto khusus korespondensi perang bergengsi, Bayeux Calvados.

Seperti dilansir dari Aljazeera, dalam ajang ini, sang fotografer, Mahmoud Hams yang memberi tajuk fotonya itu “Bentrok di Jalur Gaza” diganjar predikat foto perang terbaik.

Menurut salah satu juri dari kantor berita Prancis, Thomas, foto ini berhak mendapatkan penghargaan karena diambil di kawasan yang sangat rawan dan berisiko tinggi.

“Mereka yang meliput di wilayah ini tidak dilindungi apapun,” ujar Thomas.

Eskalasi kekerasan antara warga Palestina dan Zionis Israel di Jalur Gaza memang tengah memanas. Menurut data Palestina, sejak kekerasan meletus pada 30 Maret 2018 lalu, 205 warga Palestina meninggal syahid. (NVR)

Check Also

Gugatan Hak Cipta Foto Aryono Masuk Tahap Mediasi Dewan Pers

JAKARTA, VoiceMagz.com – Beberapa waktu lalu, seorang fotografer senior, Aryono Huboyo Djati melayangkan somasi pada …