Home » I Line News » Indonesia Masih Yang Pertama Untuk Urusan Musik Reggae-Ska di Asia Tenggara

Indonesia Masih Yang Pertama Untuk Urusan Musik Reggae-Ska di Asia Tenggara

Denny Frust saat manggung di Malaysia dan Vietnam.

JAKARTA, VoiceMagz.com – Kabar membanggakan dibawa penyanyi reggae-ska, Denny Frust. Untuk kawasan Asia, Indonesia hanya di bawah Jepang untuk urusan musik reggae-ska. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia masih jadi yang pertama.

Hal ini dikatakannya bukan tanpa sebab. Usai berkeliling ke beberapa negara Asia Tenggara dan Asia, Denny melihat dinamika musik reggae-ska Indonesia dari sisi kuantitas masih cukup besar ketimbang di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

“Di Malaysia saja hanya ada beberapa band reggae-ska. Di Vietnam ada, tapi personilnya para ekspatriat yang bekerja disana, jadi kalau untuk ukuran Asia Tenggara, Indonesia masih nomor satu. Di Jabodetabek saja saya mencatat ada ribuan band reggae-ska. Kita hanya kalah dari Jepang kalau untuk di Asia,” ungkap Denny di sela-sela peluncuran dan pemutaran perdana videoklip single album keduanya, ‘Jangan Lupa Bahagia’ di Jakarta, Rabu (11/7).

Mantan vokalis band Monkey Boots ini melihat, band-band reggae-ska di Indonesia kerap kali cepat puas dengan apa yang telah didapatnya di kota asalnya.

“Mereka tak mau lepas dari zona nyamannya dan masih enggan investasi untuk masa depan karir bermusik mereka,” papar penyanyi yang kini memilih menjadi solois ini.

Hal inilah yang terus ia coba suarakan dan komunikasikan dengan band-band reggae-ska di Indonesia. Denny yang mengaku kerap berkeliling Indonesia untuk bertemu band-band reggae-ska mencoba terus membangun kepercayaan diri mereka untuk mau keluar dari zona nyaman.

“Intinya jangan cepat puas dengan sudah terkenal di kotanya masing-masing,” tandas pemilik dua album yang pada Mei 2017 mendapat kehormatan sebagai pembuka konser godfather of dancehall-reggae asal Jamaika, Johnny Osbourne di Singapura ini.

Ia pun berusaha mencotohkan apa yang dikomunikasikannya dengan band-band reggae-ska yang disambanginya itu lewat karya-karya terbarunya. Dikatakannya, salah satu contoh yang dapat dilihat nyata adalah ekspektasi dirinya dalam meluncurkan album keduanya ‘Jangan Lupa Bahagia’.

“Saya ingin terus eksis dan membawa nama Indonesia di luar negeri, walau itu harus saya lakukan dengan modal pribadi saya,” tegasnya.

Untuk diketahui, setelah sukses tur album ‘Jangan Lupa Bahagia’ pada Juli-Desember 2017 di berbagai kota di Indonesia yang dilanjutkan di awal 2018, Denny langsung melanjutkannya dengan Tur Asia 2018 ke Malaysia dan Vietnam.

Di negeri jiran, Denny menggelar tur di Penang, Kuala Lumpur dan Johor Bahru sejak Maret 2018 dan dilanjutkan ke Vietnam. Saat manggung di Vietnam, Denny didapuk menjadi perwakilan penyanyi reggae-ska dari Indonesia yang diundang tampil di sebuah festival besar tahunan Vietnam bertajuk ‘Vibe Nation Beach Fest’ yang berlangsung sejak 16-18 Maret 2018. (NVR)

Check Also

Lapang Dadanya Syella Afsari Pada Keputusan Politik Sang Kekasih

TANGERANG SELATAN, VoiceMagz.com – Bagaimana rasanya punya kekasih yang sudah mulai mapan dalam berbisnis di …