Home » Voice Music » Moment » Inilah Cara Dwikki Dharmawan Berbagi Ilmu Musik

Inilah Cara Dwikki Dharmawan Berbagi Ilmu Musik

SUMEDANG, VoiceMagz.com – Bukan Dwikki Dharmawan namanya, jika tak dikenal santun dan sering berbagi ilmu dalam bermusik.

Musisi yang kenyang melalang buana ini hampir tak ada waktu senggang. Waktunya benar benar didedikasikan terhadap dunia dan perkembangan musik Indonesia. Baik melalui pentas pertunjukan musik maupun klinik musik.

Kali ini, musisi jazz berdarah Sunda ini menggelar klinik musik ke seluruh Indonesia. Dan Kamis (8/11) ini, Dwikki hadir di Sumedang, Jawa Barat untuk berbagi ilmu dengan para musisi di sana.

“Alhamdulillah saya kerap workshop atau klinik musik berkeliling ke daerah-daerah di Indonesia. Namun kali ini saya sedang memberi perhatian lebih untuk Tatar Sunda, tanah kelahiran saya,” Jelas Dwikki, Kamis (8/11).

Bagi suami penyanyi rock, Ita Purnamasari ini, berbagi ilmu, khususnya di bidang musik, sudah dijadikannya semacam gerakan penting.

“Jangan pelit mentransfer ilmu kepada generasi muda. Seperti saat ini, saya menggelar klinik untuk berbagi ilmu dengan para kawula muda di Sumedang dengan tema ‘Jumpa Dwiki Dharmawan Untuk Kawula Muda Sumedang’,” jelas Dwikki.

Dalam acara yang digelar di Cinta Music Cafe & Karaoke, Sumedang ini, Dwikki tidak sendirian. Ia melibatkan kawan-kawannya sesama musisi kenamaan seperti Budhy Haryono (drummer pertama Krakatau/mantan drummer GIGI) Aloel Keubibit (bass), Ade Rudiana (kendang) Eink Tachrir (gitar) dan tentunya Dwiki Dharmawan (keyboard).

“Acara ini merupakan bentuk perhatian dan motivasi saya terhadap musisi di daerah, khususnya di kota Sumedang,” jelas Dwikki.

Dalam acara dan kesempatan yang sama Ade Rudiana salah seorang musisi asal Sumedang menanggapi tentang sosok Dwikki Dharmawan.

”Kang Dwiki banyak memberikan ‘kecerdasan’ dan ‘kesadaran baru’ untuk meningkatkan pencapaian artistik dan kemasan seni tradisi,” ujar Ade.

Seperti diketahui, Dwikki selama ini memang dikenal cerdas melestarikan dan menjaga keseimbangan antara musik modern dengan musik tradisi.  Hampir di setiap pertunjukannya, ia selalu menyertakan instrumen dan musisi tradisional. Dengan demikian musik tradisional akan terus hidup dan akan tergerus oleh kemajuan zaman. Bahkan musik tradisional selalu menjadi bagian penting dari perkembangan genre musik dunia. /Irish

Check Also

Ari Lasso Sakit, Elek Yo Band dan OM PMR Siap Goyang Gebyar Kebangsaan

JAKARTA, VoiceMagz.com – Upaya penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) …