Home » Voice Art & Culture » Joget Poco-Poco Indonesia Segera Pecahkan Rekor Dunia

Joget Poco-Poco Indonesia Segera Pecahkan Rekor Dunia

JAKARTA, VoiceMagz.com – Upaya pemecahan Guinness World Record bagi Poco-Poco Dance atau yang akrab disebut joget Poco-Poco dilakukan di Jakarta, Minggu (5/8) pagi.

Upaya pemecahan rekor ini melibatkan 65.000 orang sejak pukul 06.30 – 07.00 WIB ini mengambil tempat di ruas jalan di depan Istana Negara, Medan Merdeka Barat, Silang Monas, MH Thamrin, Bunderan HI hingga Sudirman.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla, serta sejumlah menteri hadir dalam upaya pemecahan rekor dunia ini. Pemecahan rekor ini juga digelar dalam rangka mempromosikan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Tepat pukul 06.46 WIB, pemecahan rekor dunia tari Poco-Poco dimulai dan ditandai dengan penekan tombol sirine yang dilakukan bersama-sama di antaranya oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutannya menyatakan bahwa pemecahan rekor tersebut diharapkan mampu menjadikan Poco-Poco sebagai warisan budaya milik Indonesia yang telah mendunia.

“Pemecahan rekor dunia Poco-Poco ini diharapkan menggerakkan tradisi dan budaya Indonesia untuk dinikmati dan dipelajari oleh seluruh masyarakat dunia. Juga mengajak seluruh anak bangsa untuk terus mencintai dan melestarikan nilai luhur, tradisi, dan keagungan yang telah dilakukan oleh para pendiri bangsa ini,” ujar Imam Nahrawi.

Guinness World Records pun mengirim langsung staf senior mereka dari kantor pusat London, Paulina Sapinska, sebagai juri serta sejumlah pengurus untuk mengawasi jalannya upaya pemecahan rekor dunia itu.

Auditor independen pun dilibatkan untuk memverifikasi capaian dalam upaya pemecahan rekor dunia poco-poco tersebut.

Para peserta bersenam poco-poco dalam kelompok-kelompok. Sementara pengurus lembaga pencatat rekor dan auditor independen mengawasi mereka. Kegiatan ini juga melibatkan 1.300 instruktur, 1.300 pengurus, 1.300 ketua regu dan 200 titik sistem suara.

“Tak semudah yang dibayangkan. Benar-benar dihitung dan bisa didiskualifikasi kalau ada peserta yang jongkok, kecapekan atau gerakannya tidak sama,” kata Hermawan Kertajaya, wakil ketua umum panitia saat jumpa pers, Jumat lalu.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga memberikan semangat kepada para peserta sebelum kegiatan dimulai.

“Selamat berpoco-poco, semoga kita semuanya sehat, rakyat kita sehat, negara kita kuat,” ujar Presiden.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Rencanaya pada Senin (6/8), pihak Guinness World Record akan mengumumkan hasil dari upaya pemecahan rekor duni ini. (NVR)

Check Also

Pernah Senasib, Dua Perusahaan Thailand Ini Tunjukkan Solidaritas Bagi Sulteng

JAKARTA, VoiceMaqgz.com – Gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantakkan Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong …