Home » Voice Global News » IPS Forum 2018 Jadi Ajang Sinergikan Perbaikan Pelayanan Publik

IPS Forum 2018 Jadi Ajang Sinergikan Perbaikan Pelayanan Publik

JAKARTA, VoiceMagz.com – Dalam rangka terus melakukan peningkatan dan perbaikan pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan menggelar ajang The International Public Service (IPS) Forum 2018.

Ajang yang akan digelar pada 7-8 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) ini akan menghadirkan Forum Internasional, Pameran Pelayanan Publik, Penghargaan 40 Top Tokoh Inovasi Pelayanan Publik dan Sharing Praktek Pelayanan Publik.

“The International Public Service Forum 2018 ini akan menghadirkan para inovator pelayanan publik, pembicara dari dalam dan luar negeri untuk berinteraksi dan bersinergi bersama kita menyatukan visi demi kehidupan bangsa yang sejahtera dan mandiri,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA di Jakarta, Rabu (17/10).

Dikatakan Diah, ajang ini juga merupakan sebuah sinergi guna mendukung program KemenPAN-RB yang mulai 2019 akan mengedepankan transfer pengetahuan atau replikasi inovasi pelayanan publik yang juga bagian dari RPJMN 2020-2024.

“Tema besar yang diangkat dalam forum ini adalah ‘Expanding and Improving Service Delivery Through Collaborative Action’. Untuk mewujudkan pelayanan yang optimal, pemerintah harus melibatkan aktor lain, yakni institusi kelembagaan, masyarakat, swasta dan aktor-aktor strategis lainnya,” ujar Diah.

Bagi masyarakat, pameran ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang perkembangan pelayanan publik yang dapat mendorong partisipasi aktif terhadap proses perbaikan pemberian layanan.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA.

“Pameran ini juga akan menghadirkan unit-unit penyelenggara pelayanan langsung yang memungkinkan masyarakat menggunakan pelayanannya di lokasi, seperti perpanjangan SIM, STNK, pengurusan HAKI, dan lain-lain,” jelas Guru Besar Universitas Sriwijaya ini.

Sedangkan seminar internasional, akan diisi oleh inovator dari Jepang, Tiongkok, Singapura, dan Korea Selatan, dengan subtema modernisasi pelayanan publik, akselerasi perbaikan pelayanan di daerah pelosok, kolaborasi antar lembaga dan negara, dan lain sebagainya.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo hadir dalam acara ini untuk memberikan penghargaan kepada Top 40 Tokoh Inovasi Pelayanan Publik 2018.

“Kami mengajak masyarakat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya agar menjadi inspirasi dan motivasi dalam membagikan pengalaman berharga dari upaya-upaya inovatif yang telah dilakukan,” pungkas Diah. (NVR)

Check Also

Jadi Negara Paling Dermawan, Sejumlah PR Masih Menanti Indonesia

JAKARTA, VoiceMagz.com – Dianugerahi menjadi negara paling dermawan bukan berarti tak banyak pekerjaan rumah (PR) …