Home » Voice Art & Culture » Respon Kondisi Bangsa, Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Pentaskan BUI

Respon Kondisi Bangsa, Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Pentaskan BUI

Salah satu adegan lakon ‘Guruku Tersayang (BUI)’.

JAKARTA, VoiceMagz.com – Sebagai bagian dari suara seniman menyuarakan patriotisme dan nasionalisme lewat panggung, Perkumpulan Kesenian Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Surabaya mementaskan Pentas Muhibah Ludruk Kebangsaan pada Jumat (17/8) di Anjungan Jawa Timur TMII dan dilanjutkan di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 18-19 Agustus.

Dengan judul ‘Guruku Tersayang (BUI)’, lakon ini mengadaptasi naskah lakon karya Akhudiat yang temanya cocok dengan nuansa perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Lakon ini sangat tepat untuk merespon kondisi bangsa dan negara saat ini. Banyak kontradiksi yang terjadi pada bangsa ini,” ujar Meimura, penulis sekaligus sang sutradara di Jakarta, Kamis (16/8).

Meimura menganggap, guru merupakan sosok yang mulia, dan harus dimuliakan. Melalui pentas ini, diharapkan muncul pendidikan karakter bagi masyarakat agar tidak terjerumus melakukan tindak kriminal yang mengantarkan ke penjara.

“Cerita ini akan mengungkap kontradiksi dimana ada bandar narkoba yang diperlakukan bak raja di penjara, tapi ada guru terjerumus korupsi dana BOS malah diperlakukan sebaliknya. Ini otokritik bagi kita semua,” tandas Meimura.

Ia juga mengaku sedih saat Pancasila banyak dihujat belakangan ini tanpa banyak yang mau membelanya. Lewat pementasan ludruk ini pula, pelaku seni akan menyuarakan suara mereka dengan cara mereka.

“Disinilah seniman masuk. Wilayah kami di panggung,” tegasnya. (NVR)

Check Also

Perlawanan dari Kursi Roda Ini Sabet Juara Bayeux Calvados

JAKARTA, VoiceMagz.com – Meluasnya konflik di jalur Gaza dan sejumlah wilayah Palestina tak hanya melibatkan …