Soroti UU PMA, Lusiana Sanoto Lulus Doktor Ilmu Hukum

by -1,206 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Akhirnya, penulis buku ‘Jejak-jejak Sang Jenderal’ ini meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Jayabaya dengan hasil yang sangat memuaskan.

Lusiana Sanoto lulus setelah melewati ujian dengan Proposal Disertasi berjudul ‘Pengaturan Penanaman Modal Dalam Hukum Indonesia Guna Mendorong Peningkatan Investasi di Daerah’ di depan penguji dan promotor seperti Prof. H. Amir Santoso, M.SOC, SC, Ph.D, Prof. Dr. JH. Sinaulan, SH, M.Ag, M.Sc, Dr. Ramlani Lina SH, MH, MM, Prof. Dr. Abdul Manan, SH, SIP, Dr. Atma Suganda, SH, MH, Dr. Ismail, SH, MH, Dr. Maryanto, SH, MH, M.Kn, Dr. Yuhelson, SH, MH, M.Kn di kampus Universitas Jayabaya, Jakarta, Selasa (18/12).

Dalam disertasinya ini, Lusiana menyoroti masih banyaknya pemerintah daerah (Pemda) yang belum merealisasikan UU No 25//2007 tentang Penanaman Modal Asing (PMA).

“30 persen Pemda masih belum merealisasikannya. Presentasenya masih 70:30,” beber Lusiana di sela-sela ujian Doktor-nya.

Diterangkannya, UU No 25 ini pada dasarnya membuka ruang yang cukup bagi dunia usaha. UU ini mencakup semua kegiatan penanaman modal langsung di semua sektor, juga memberikan jaminan perlakuan yang sama dalam rangka penanaman modal.

“UU ini memerintahkan agar pemerintah meningkatkan koordinasi antar instansi Pemerintah pusat, antar Instansi pemda dengan Bank Indonesia harus diberdayakan lagi,” bebernya.

Lusiana Sanoto bersama keluarga dan penguji program Doktor di Universitas Jayabaya.

Dosen pembimbing Lusiana, Dr Ismail SH, MH menambahkan, hal di atas menjadi salah satu penyebab hengkangnya investor dari Indonesia.

“Desertasi ini bisa jadi masukan untuk disampaikan pada pembuat kebijakan,” ujar Ismail. (NVR)